Opini

Breaking News Pagi Ini

Pagi ini kedamaian saya di kereta mulai terusik ketika ibu-ibu berseragam naik ke gerbong yang sama dengan saya ketika di stasiun Cakung. Sedangkan saya naik dari stasiun Bekasi dan sudah atur posisi untuk tidur. Tadinya mau mempersilahkan ibu itu duduk, tapi tempat saya duduk sangat mini, seukuran tubuh saya, sedangkan emak-emak tersebut cukup ‘lumayan’, ragu-ragu mau ngasih duduk, kalo ga muat sayang juga ntar malah diambil mbak-mbak sebelahnya yang berbadan langsing.

Kemudian setelah kereta melalui 2 stasiun selanjutnya, beliau membangunkan saya untuk meminta duduk karna kakinya pegel kedorong-dorong penumpang lain. Dalam hati bergumam jahat, ya kalau mau ngga sakit kakinya, dateng lebih pagi biar naik kereta ke Bekasi dulu terus ngikut ke Jakarta Kota, jadi bisa duduk. Haha tapi dalam hati doang, sambil berdiri dan menghibur hati yang sepi, saya membaca webtoon sambil menatapnya penuh arti. Ibu-ibu itu duduk nyempil-nyempil pada akhirnya.

PicsArt_02-14-09.46.02.png
Image Source

Dalam hati terus istighfar sambil bersugesti. Oke, calm down De. Ini emak-emak. Tapi sesungguhnya saya nggak kesal karena ibu-ibunya yang minta duduk sih, tapi karna di sebelah saya ada pria yang duduk tapi tidak peka untuk mempersilahkan ibu itu duduk. hmm hmm hmmm (ala Limbad).

Ketika sampai di stasiun Manggarai, mulai banyak orang yang turun kereta dan ibu-ibu tersebut dengan sigap bergeser dan mempersilahkan saya duduk sambil senyum, padahal saya ngga minta. Alhamdulillah. Maapin Bu tadi sempet seudzon. Kemudian kami jadi bersahabat dan beliau berencana menjadikan saya mantunya. Loh loh 

Cerita di atas sebenarnya masih preambule.

Sampai di kantor saya buka explore instagram dan ada 2 hal yang menarik perhatian. Pertama, mengenai Indonesian Idol. Yang kemarin dieliminasi adalah Kevin, pria berdarah Maluku yang rambutnya sudah pasti bikin saya geli ketika saya elus-elus.

Image result for kevin indonesian idol
Image Source

Semua juga sudah tau kalau Kevin ini suaranya bagus banget dan cukup stabil menurut saya yang ngga ngerti bagaimana nada sebenarnya do re mi sampai do lagi. Ketika diumumkan, semua juri menunjukkan raut wajah yang sedih, dan kecewa mungkin (terhadap para voter). Bunda Maia nangis, BCL berkaca-kaca dan Judika dalam instagramnya memposting foto bersama Kevin dan menyemangati dalam captionnya. Dalam kolom komentar, ada yang bertanya mengapa tidak juri saja yang memilih. Peraturan bukanlah dibuat oleh juri, kata Judika.

Kalau begitu Judika, Ari Lasso, dkk bukan juri namanya, tapi komentator. Karena nggak bisa memberi keputusan siapa yang berhak jadi juara. Dan yang membuat saya gundah adalah Indonesian Idol ini masih pake sistem vote melalui sms, bukan whatsapp. Yaaah, maksudku, kenapa sih masih harus pakai sms di kala orang-orang lebih memilih pulsa paket internet ketimbang pulsa sms. Dan sistem ini kan dipakai pada jaman dahulu sejak musim Indonesian Idol pertama tahun 2004. Kalau begini terus, Indonesia akan dipenuhi artis dengan fans terbanyak, bukan dengan kualitas terbaik. Saya juga tahu sih kalau media televisi juga butuh rating, bukan semata-mata hanya sebagai wadah untuk berkarya. Jadi gimana ya enaknya? Yaudahlah, biar hatiku saja yang gundah, kamu jangan.

Berita kedua, mengenai penganiayaan kepala sekolah oleh orang tua murid. Menurut caption di akun instagram tersebut, kepala sekolah menegur siswanya yang nakal lalu diminta membuat surat pernyataan untuk tidak melakukan perbuatan nakalnya. Kemudian orang tua murid mendatangi sekolah dan menganiaya kepala sekolah tersebut dengan meja besi hingga memar dan luka-luka.

Dan tahu nggak? Kepala sekolahnya wanita loh. Ibu-ibu. Saya ngelihat fotonya saja nggak tega langsung scroll nggak mau lihat seorang ibu-ibu babak belur begitu. Lagian cuman dikasih peringatan aja kan, lewat surat pernyataan untuk tidak nakal lagi.

Tiba-tiba teringat dulu waktu saya SD pernah dipukul wali kelas pakai gagang sapu karna jam pelajaran saya malah ngintip-ngintip drumband dari jendela. Walaupun mukulnya nggak beneran, tapi hal tersebut membuat saya menjadi segan dengan para guru. Saya juga pernah bercanda pas ulangan harian, dan dapet tanda tangan menggunakan sepidol merah beserta tulisan peringatan. Belajar semaleman dan nilai bagus nggak ada apa-apanya ketika sampai rumah malah saya yang dimarahin mamah 😓

Image result for hukuman anak sd
Image Source

Disuruh bikin surat pernyataan? seriing! Dulu malah ada yang namanya ‘buku penghubung’ kalau ngga salah. Ketika siswa tidak menaati peraturan sekolah seperti berisik di kelas, tidak pakai atribut, atau tidak mengerjakan PR, harus menulis pernyataan kurang lebih ‘saya tidak akan mengulanginya lagi‘ sampai berlembar-lembar. Gempor-gempor dah tuh. Yang nyebelinnya, orang tua harus tanda tangan juga jadi kan ketauan kalo nakal hehehe 😂

Jadi gimana ya sistem pendidikan jaman sekarang? Salah attitude orang tua? Siswa? Guru? Kepala Sekolah? Pembuat kurikulum?

Apa salah gue? Salah temen-temen gue?

Image result for salah gue? Salah temen-temen gue?
Image Source
Advertisements

21 thoughts on “Breaking News Pagi Ini

  1. Itulah perjuangan para guru, harus diapresiasi.. Begini begini saya mantan guru, hehe.. XP

    Selain rating, TV juga butuh uang, makanya ada voting via sms, yang harga satu sms-nya berkali-kali lipat dari harga sms normal..

    1. Iya mas, berjuang banget yaah, walau terkadang imbalannya ngga seberapa 😦 huhu

      Hehe betul mas, Make sense bgt sih haha, Tapi jadi kayak ngga ngikutin perkembangan jaman pake sms tuh 😁

    2. Kalau kirim chat Whatsapp bisa berbayar, in syaa Allah ane yakin Stasiun TV pasti mau polling pake Whatsapp, haha..

      Btw, setidaknya sms masih eksis loh buat pihak pemerintah (misal Kominfo) agar bisa menyebarkan informasi penting singkat ke seluruh penduduk Indonesia atau misal untuk sms banking..

      Kalau di Jepang yang eksis kayaknya email ya.. Kalau di manga atau anime rata-rata para tokoh berkirim pesan lewat email, bukan sms ataupun Whatsapp.. #soktaumodeon

    3. Ahahha bener juga. Untuk blast jarkom kominfo masih pake sms, promo2 merchant juga sms 😅
      Aduh kalo sampe ke tokoh manga sama anime mah ku tak tahu deh 😂 yang jelas mereka ngga pake kakao talk yah haha

  2. Iya miris banget, ngirim ke sekolah tp anaknya jg gamau dididik hal2 etika sopan, kaya gitu kan hanya bikin anaknya ga paham 😦

  3. Mengenai Indonesian Idol aku selalu nonton tiap hari Senin dan Selasa. Tapi ga ngefans sama Kevin. Sukanya sama Marion dan Gea.
    Ngeri baca berita soal penganiayaan bu kepsek.

  4. Ah iya… aku sekarang jadi bingung, anaknya yg salah, orang tuanya ga mau anaknya d salahin, tapi klo dibiarin katanya gurunya ga bisa ndidik murid, ntahlaaah 😥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s