Cerita-cerita · Event

Bigjava Care Juni Part 1

Hai semuanya, setelah semingguan vacuum ngeblog karna padatnya aktifitas dan tubuh yang lemah ini selalu tepar ketika sampe di rumah, gue balik lagi nih mau cerita-cerita. Kali ini gue mau bercerita tentang event yang minggu kemarin gue jalanin, yaitu Bigjava Care.

Bigjava Care adalah kegiatan sejenis baksos yang dilakukan oleh gue dan teman-teman kantor. Ada dua tipe baksos yang kami jalankan. Yang pertama kami mengundang anak-anak yatim datang ke kantor untuk makan bersama dan bagi-bagi sembako. Yang kedua kami datang ke lokasi perkampungan atau yayasan untuk membagi-bagikan sembako. Namun, ada yang berbeda pada Bigjava Care kali ini.

Pada bulan Ramadhan ini, kami bersedekah dalam bentuk buku kepada Yayasan BSC Al-Futuwwah. Ketika kami survey kesana, si pemilik yayasan sebut saja Bu Anggrek (gue lupa namanya :D) menceritakan segala pahit manis yayasan ini dari semenjak dibangun sampai detik ini.

Happy Survey
IMG_7064.JPG
Yayasan BSC Al-Futuwwah

Banyak sekali cerita yang kami dapatkan. Sambil bercerita, ada seorang anak kecil berusia sekitar 1,5 tahun yang sangat nempel sama Bu Anggrek, cantik, putih, bermata bulat, dan memiliki bulu mata lentik. Gue ajak bercanda, tiba-tiba Bu anggrek bilang “ini bukan anak saya, dulu pernah ada wanita yang menitipkan bayi ini di yayasan”. Gue kaget sih, ternyata anak manis secantik ini juga punya kisah pilu di balik keceriaannya. Jadi ceritanya, ibu dari anak ini memiliki 3 orang anak, namun suaminya pergi entah kemana. Anak pertama tinggal bersamanya, anak kedua tinggal di kampung, dan anak ketiga yaitu si kecil ini yang tinggal bersama Bu Anggrek di yayasan. Ah sayang sekali, gue lupa moto dia saking lucunya πŸ˜€

IMG_7083.JPG
Kondisi dalam yayasan (survey)

Yayasan ini berisi anak yatim dan dhuafa. Banyak juga pengamen-pengamen dan anak-anak pemulung yang menjadi anak asuh di yayasan ini. Tentunya dengan penuh perjuangan untuk mengumpulkan anak-anak apalagi yang notabene terbiasa di jalanan, pasti susah-susah gampang. Namun sekarang, mereka sangat rajin shalat berjamaah di masjid, belajar, mengaji dan zikir bersama, dan lain-lain. Jadi muhasabah diri juga, kita yang serba berkecukupan mungkin masih saja malas beribadah dan bersyukur pada-Nya. Yuk sama-sama saling mengingatkan agar terus menjadi pribadi yang lebih baik lagi di hadapan Allah ta’ala.

Oh, iya kami juga sempet mampir ke pemukiman pemulung, orang-orangnya ramah sekali. Ironisnya adalah, pemukiman pemulung ini letaknya tepat di belakang lippo mall. Jadi terlihat sangat kontras ya.

Pemukiman Pemulung
Pemukiman Pemulung
Pemukiman Pemulung

Ada cerita lain di balik yayasan ini. Dulu (mungkin sampai sekarang) yayasan ini hampir mau dibeli oleh pengembang. Katanya mau dijadikan perumahan, tanah di sekitar yayasan ini sudah menjadi milik pengembang, namun si pemilik yayasan mempertahankan agar yayasan Al-Futuwwah ini tidak jatuh ke tangan pengembang. Tidak kehabisan cara, pengembang menutup tanah kavling tersebut dengan gerbang tinggi, sehingga adik-adik yang ingin belajar maupun mengaji harus melompat melalui dinding yang besar dan tinggi tersebut. Pernah suatu ketika ada anak yang melompat dinding dan terjatuh hingga kepalanya bocor. Sungguh miris dengernya 😦

Mungkin gue nggak akan terlalu banyak bercerita lagi pada postingan ini. Intinya adalah, mari kita sekali-kali menengok ke bawah agar lebih bersyukur dan menikmati hidup, sehingga menjadi semakin cinta pada Sang Maha Cinta.

Tidak bermaksud untuk riya akan apa yang telah kami lakukan, seutuhnya hanya ingin berbagi hal positif agar teman-teman merasakan kebahagian batin yang gue rasakan saat ini πŸ™‚

Advertisements

14 thoughts on “Bigjava Care Juni Part 1

  1. Ya Allah berkahilah para pengurus yayasan, semoga mereka bisa istiqomah mengayomi anak yatim, dhuafa, dan anak jalanan.. Dan semoga kita semua bisa menjadi hamba-Nya yg bersyukur dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar.. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin..

    1. Iya sih, masih banyak lagi pasti di belahan bumi Indonesia yang kehidupan ekonomi dalam 1 wilayah sangat kontras.
      Hoho maapkan mas πŸ˜€ sesedih itu dipanggil ‘kang’ haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s