Opini

Keseruan Kuliah di Statistika IPB

Hai, semuanya. Mungkin ada beberapa teman-teman kelas 3 SMA yang tertarik sama statistika dan penasaran gimana sih kuliah di statistika? Atau kalian merupakan mahasiswa baru statistika? Kali ini gue akan menceritakan bagaimana pengalaman dan rasanya jadi mahasiswa statistika IPB dan sebagai alumni statistika IPB (imo ya).

Gue adalah mahasiswa statistika IPB angkatan 49, tahun masuk IPB 2012 melalui jalur undangan, atau kalau sekarang namanya jalur SNMPTN which is kita diwajibkan mengikuti matrikulasi pada Juli 2012, jadi sebelum teman-teman lain mulai masuk kuliah, kami sudah harus masuk. Sebelumnya, matrikulasi adalah sebuah program penyetaraan ilmu atau pengenalan kampus yang biasanya didapat oleh mahasiswa yang biasanya lolos melalui jalur PMP PMDK/SNMPTN UNDANGAN/SNMPTN selama 1 bulan. Diharapkan dengan adanya program matrikulasi ini, para mahasiswa lebih memahami pengetahuan dasar pada jurusan yang dipilih, lebih mengenal kampus, dan mempunyai ikatan yang lebih akrab dibandingkan mahasiswa lain sehingga bisa menjadi contoh bagi mahasiswa yang lulus dari jalur lain. Source: theasiantekno

Statistika IPB termasuk ke dalam Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA). FMIPA sendiri biasa disebut Fakultas G di IPB dan Statistika merupakan urutan pertama dalam fakultas, sehingga semua mahasiswa statistika IPB memiliki NIM (Nomor Induk Mahasiswa) G1xxxxxxx.

Matrikulasi

Di tahun angkatan gue, mata kuliah pada saat matrikulasi adalah fisika. Kurang tahu juga alasannya kenapa. Nah, jadi selama sebulan kami belajar fisika sampe mabok pokoknya 😦 kuliah praktikum kuliah praktikum. Tapi enaknya adalah dalam sehari kita cuma kuliah 1 matkul aja (3 sks), kuliah dan praktikumnya juga tidak disatukan dalam sehari, jadi waktu mainnya lebih banyak dan waktu belajarnya juga jadi lebih fokus. Kalau di IPB, tahun pertama wajib tinggal di asrama, wajib disini bukan berarti tidak boleh pulang, boleh saja kapanpun asal tidak meninggalkan kegiatan asrama. Gue sendiri anaknya homesick-an banget jadi pulang mulu hehe

Jaman matrikulasi buat gue pribadi sangat berkesan. Teman-teman di kelas masih belum banyak, karena dari jalur tulis dan mandiri belum masuk kuliah, begitu juga di asrama. Jadi kedekatan kami terbilang sangat akrab. Cerita tentang teman-teman gue di asrama ada disini. Kalau cerita tentang teman terdekat saat matrikulasi ada disini.

Tingkat Persiapan Bersama (TPB)

Ini istilah pada jaman gue, kalau sekarang namanya PPKU. Intinya sih sama. Di TPB ini, teman-teman dari jalur tulis, mandiri, dan BUD sudah mulai masuk, jadi sangat ramaai namun pada masa TPB ini kita belum disatukan dengan teman-teman 1 jurusan, jadi masih digabung dengan teman-teman dari jurusan lain. Dulu pas jaman gue, di kelas ada 100 orang kurang lebih dengan jumlah anak statistika sebanyak 10 orang saja.

Mata kuliah pas TPB ini belum statistika banget, ibaratnya seperti anak SMA kelas 4. Karena kita akan belajar lebih dalam tentang fisika, biologi, kimia, matematika, pkn, agama, b.inggris, b. Indonesia, dan olahraga. Selain itu ada pengantar ilmu pertanian, kewirausahaan, dan lain-lain. Lebih lengkapnya bisa dilihat disini. Buat yang suka berorganisasi, pada tingkat pertama ini kita bisa mengikuti BEM TPB (Badan Eksekutif Mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama) yang anggotanya adalah mahasiswa tingkat pertama di semua jurusan di IPB. Teman-teman juga sudah mulai bisa mengikuti UKM. Atau kalau mau aktif komunitas di asrama juga ada lebih lengkapnya disini. Selagi masih TPB, selama mata kuliah belum serumit semester 5, gue saranin teman-teman aktif di organisasi dan bermain. Banyak hal yang bisa teman-teman explore di tingkat satu ini.

Masuk Jurusan

Welcome to the jungle guys, teman-teman mulai belajar statistika dari yang paling dasar sampai yang paling expert. Mulai kelihatan siapa yang paling pinter dan (nggak ada) yang paling tidak pintar, mungkin adanya yang cuek, yang selengean, yang malas belajar (tapi IPK tinggi), dan yang rajin belajar. Cari teman yang bisa diajak belajar dan diskusi bareng, cari teman yang bisa diajak have fun bareng juga, pokoknya cari teman yang membawa kalian ke arah yang lebih baik. Beberapa mata kuliah yang dipelajari di statistika yaitu Metode Statistika, Aljabar Matriks, Analisis Peubah Ganda, Analisis Deret Waktu, Analisis Regresi, Teori Statistika 1 dan 2, lebih lengkapnya teman-teman bisa lihat disini.

Mulai semester 3, kita langsung dipercaya oleh departemen (jurusan) untuk jadi panitia event PORSTAT (pekan olahraga statistika). Disinilah mulai terbentuknya kebersamaan statistika seangkatan, makin tahu satu sama lain, makin kelihatan siapa passion nya dimana, mulai timbulnya masalah-masalah angkatan yang membuat kita jadi semakin dekat. Selain Porstat, statistika IPB juga punya event terbesar tahunan namanya Statistika Ria. Nah bagi teman-teman yang ingin berpartisipasi mengharumkan nama Statistika IPB, teman-teman bisa ikut menjadi panitia maupun peserta lomba Statistka Ria. Walaupun kita yang menyelenggarakan, tetapi kita juga bisa mengikuti perlombaannya. Biasanya saingan terberat Statistika IPB adalah STIS, Statistika UGM, Statistika ITS, dan lain-lain. Banyak juga perlombaan-perlombaan Statistika yang diselenggarakan universitas lain seperti Gelegar Statistik dari STIS, DAC dari ITS, NSC dari UB, ONS dari UGM (bener gak ya), dan masih banyak lagi.

Selain ikut kepanitiaan di jurusan, teman-teman juga bisa aktif di organisasi, seperti Himpunan Mahasiswa Statistika yang disebut GSB IPB, kepanjangannya adalah Gamma Sigma Beta. Selain itu teman-teman juga bisa aktif organisasi di bawah naungan Fakultas yaitu BEM FMIPA, DPM FMIPA, Serum G (Rohisnya anak-anak FMIPA). Kalau teman-teman ingin aktif berorganisasi dan memiliki lebih banyak jaringan seIPB, teman-teman bisa ikut BEM KM IPB dan UKM nya. Gue sendiri selama tingkat 2 dan 3 (2 periode) aktif di BEM FMIPA IPB Departemen Sains dan Teknologi dan ikut berbagai macam kepanitiaan. Kuliah di Statistika itu sebenernya gabut – gak gabut sih, jadi harus benar-benar bisa menyesuaikan antara akademik dan non akademiknya. Jangan sampai aktif di organisasi tetapi lalai dalam hal akademis.

Tingkat Akhir

Biasanya tingkat akhir ini identik dengan skripsi. Nggak usah khawatir. Waktu lulus bukan menentukan tingkat kecerdasan atau kerajinan teman-teman, semua tergantung tema skripsi yang diangkat. Ide skripsinya anak statistik dapet darimana sih? Biasanya dapat dari tempat teman-teman PL (praktik lapang) pada liburan semester 5-6, nanti disana akan dapat banyak pelajaran mengenai pengaplikasian statistika di dunia kerja, bahkan teman-teman bisa dapat data gratis dari tempat PL, walaupun tidak semua tempat PL nya memuaskan dari segi jobdesk, data, dan analisis yang digunakan, seenggaknya kita sedikit memiliki ide atau terbayang mau skripsi tentang apa. Jangan khawatir, ada dosen pembimbing yang akan membantu atau menchallenge kita dalam skripsian. Saran gue agar sering-sering baca jurnal, dan baca skripsi punya kakak-kakak alumni di repository IPB. Banyak juga teman-teman yang bisa diajak berdiskusi mengenai data dan analisis yang akan kita angkat menjadi tema skripsi. Skripsi gue sendiri tentang Standar Nasional Pendidikan dengan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Gue dapet tema ini juga nggak tiba-tiba langsung kepikiran mau skripsian tentang ini. Semua butuh proses, gue juga sempat beberapa kali ganti data. Karena gue bertahan dengan analisis SEM, maka dosen pembimbing gue memberikan ide mengenai data yang akan digunakan. So, guys tetap berdoa dan berikhtiar ya.

Mau Kerja Dimana?

Yang paling umum dan posisi yang paling mungkin untuk kita apply di perusahaan-perusahaan adalah data analyst, data scientist, data processing, dan sebagainya. Tapi kalau di dunia kerja posisi di perusahaan nggak akan terlalu idealis dengan jurusan. Banyak juga yang pada akhirnya tidak sesuai jurusan. Tapi kalau gue pribadi maunya yang idealis, yang berhubungan dengan statistika. Karena memang gue suka. Jaman sekarang ini lagi marak sekali dengan bigdata, sehingga lulusan statistika di universitas manapun pasti dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Kira-kira perusahaan apa saja yang berhubungan dengan statistik? Banyaak, yang di bidang marketing research ada Nielsen, Mars, Pixel, GRP, IFF, Geoinformasi dan lain-lain, selain itu perusahaan yang paling banyak anak statistikanya adalah Lingkaran Survey Indonesia, Dattabot, IPSOS, perusahaan asuransi, Balai Penelitian, dan semua Kementrian di bagian pusat data dan informasi. Tidak jarang juga lulusan statistika yang bekerja di Bank Indonesia, OJK, Astra, Telkom, dan lain-lain. Intinya, jangan lupa berdoa dan berikhtiar guys.

Sekian cerita dari gue semoga bisa menginspirasi dan meyakinkan teman-teman yang mau masuk Statistika IPB atau universitas lain dan yang sudah menjadi mahasiswa baru Statistika IPB atau universitas lain 🙂

*buat temen-temen stk ipb/stk non ipb/mhsw ipb monggo saran dan komentarnya untuk postingan ini agar lebih baik dan bisa lebih bermanfaat untuk teman-teman lain*

Advertisements

14 thoughts on “Keseruan Kuliah di Statistika IPB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s